Toad Jumping Up and Down

Senin, 07 September 2015

Senam Indah Berenang






Renang Indah: Perpaduan Renang, Tari Dan Senam
Olahraga yang satu ini disebut juga synchronized swimming atau renang sinkronisasi. Olahraga yang satu ini merupakan perpaduan dari renang, senam dan juga tarian. Renang indah ini memadukan kekauatan fisik dengan keluwesan, keanggunan dan juga nilai artistik serta kemampuan menahan napas sewaktu berada di air.
Olahraga ini berkembang pada tahun 1990 di Kanada. Olahraga ini didominasi oleh cewek lho Girls. Atlet renang indah dituntut untuk memiliki kekuatan fisik, kelenturan tubuh dan juga kemampuan aerobik yang cukup tinggi.
Atlet renang indah biasanya menggunakan penjepit hidung supaya air tidak masuk ke dalam hidung. Mereka bernapas melalui mulut sewaktu kepala berada di permukaan air. Penggunaan kacamata renang tidak diizinkan dalam pertandingan dengan alasan terlalu menarik perhatian dan bisa merusak penampilan. Baju renang yang dipakai atlet dalam pertandingan didesain seindah mungkin dan sering dilengkapi dengan hiasan serta aksesoris.
Rambut atlet diikat ke atas dan diberi berbagai hiasan rambut. Tata rias dan juga make up sering digunakan dan juga dimodifikasi sesuai dengan tema tarian yang dibawakan saat pertandingan. Kostum dan juga musik menjadi faktor penentu yang juga penting dalam kompetii ini. Kolam renang untuk lomba ini memiliki speaker di bawah air agar musik tetap bisa didengar sewaktu berada di bawah air.
  Gerakan Dasar Renang Indah atau Figure.
 
Back Layout : posisi tubuh telentang memanjang, dengan muka,dada, paha, serta kaki terlihat atau nampak di permukaan air. kepala,pinggul, serta pergelangan kaki mesti ada didalam satu garis lurus.
Back Pike : posisi tubuh menyudut 45o dengan pinggul, badan, serta tungkai lurus ke atas.

Ballet Leg : satu tungkai diangkat tegak lurus diatas permukaan air, sesaat tubuh didalam posisi back layout.

Ballet Leg Double : ke-2 tungkai diangkat tegak lurus diatas permukaan air, serta muka perenang juga terlihat atau ada di permukaan air.

Boost : gerakan perenang yang dengan cepat nampak atau keluar dari air, dengan kepala terlebih dulu serta berupaya setinggi mungkin mengangkat tubuhnya keluar dari air.

Cadence Action : satu rangkaian gerak yang sama, yang ditampilkan oleh semua bagian tim dengan individual, serta bergantian atau berubah-ubah dengan cepat.

Combined Spin : putaran atau pusaran 360o ke arah bawah, serta segera diikuti dengan putaran yang sama namun dikerjakan arah sebaliknya atau naik.

Continous Spin : putaran 720o ke bawah yang dikerjakan dengan rotasi yang cepat.

Crane : posisi tubuh tegak ke atas serta satu tungkai diluruskan ke depan hingga membentuk sudut 90o pada tubuh.

RENANG INDAH
 
adalah olahraga yang mengandung unsur-unsur, sebagai berikut:
  • Renang
  • Senam
  • Tari
Renang indah di pertandingkan secara tim, pribadi, duet, atau trio. Renang indah ini  memadukan kekuatan dan ketahanan fisik dengan keluwesan, keanggunan, nilai artistik, kelemah lembutan, dan kemampuan menahan nafas sewaktu berada dalam air.
Renang indah ini di sominasikan oleh atlet renang indah wanita. Renang ini muladi pertandingkan pada Olimpiade Los Angelas 1984.  Renang indah pada Olimpiade Los Angelas tidak terbuka untuk pria.
Tetapi di USA Synchro dan Synchro Canada adalah kejuaraan nasional di AS dan Kanada yang menerima peserta pria.
Atlet renang indah di haruskan memiliki kekuatan fisik, kelenturan tubuh, dan kemampuan aerobik  yang tinggi dalam melakukan gerakan. Di hadapan para juri, perenang indah melakukan dua  gerakan wajib yang terdiri dari gerakan teknis dan gerakan bebas.

Peraturan dan penilaian renang indah

 

Renang indah memiliki 2 cabang pertandingan yaitu,  figure(sikap dasar) dan technical routine, yang masing- masing di bawah batasan waktu.
Cabang figure mempertandingkan kesempurnaan gerakan secara teknis dan tidak menggunakan musik, sedangkan cabang technical routine menggunakan musik. Gerakan renang yang dilakukan atlet renang indah harus berdasarkan urutan yang sudah ditetapkan sebelumnya . Cabang figure dan technical routine masing-masing bisa dipertandingkan secara tunggal, duet, atau tim dengan masing-masing tim terdiri dari 8 perenang.
Dalam setiap pertandingan figure maupun technical routine, atlet diminta melakukan 2  gerakan yaitu, technical routine (TR) dan free routine (FR). Penilaian untuk masing-masing  gerakan:
Technical routine
  • Pelaksanaan (execution)
  • Kesan keseluruhan (overall impression)
Free routine
  • Keterampilan teknis (technical merit)
  • Kesan artistik (artistic impression)
Nilai tertinggi yang dapat diperoleh atlet atau tim adalah 100. Perolehan nilai dihitung dari nilai total yang diperoleh atlet untuk masing-masing  gerakan.
Juri terdiri dari 10 orang yang dibagi menjadi dua kelompok. Dengan masing -masing kelompok terdiri dari 5 orang juri. Kelompok juri yang pertama menilai keterampilan teknis, sedangkan kelompok juri yang kedua menilai kesan artistik. Setiap juri berhak memberi nilai tertinggi 10.
Atlet renang indah biasanya menggunakan penjepit hidung agar air tidak masuk ke dalam hidung, Atlet bernafas melalui mulut sewaktu kepala berada di permukaan air. Penggunaan kacamata renang  tidak diizinkan dalam pertandingan dengan alasan terlalu menarik perhatian. Baju renang yang dipakai atlet dalam pertandingan didesain seindah mungkin dan sering diberi hiasan. Rambut atlet wanita diikat ke atas dan diberi berbagai hiasan rambut. Tata rias tebal sering digunakan atlet wanita untuk menggambarkan perasaan atau emosi yang sesuai dengan tema yang dibawakan.
Kostum dan musik merupakan faktor yang menunjang kesan keseluruhan (overall impression) dan kesan artistik (artistic impression). Kolam renang untuk pertandingan renang indah memiliki pengeras suara bawah air agar musik bisa tetap didengar atlet sewaktu berada di bawah permukaan air.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar